Hakikat Sedekah (Shodaqoh)

Banyak sekali kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Dan Setiap nikmat yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya itu ada sedekahnya. Sedekah itu sendiri mempunyai pengertian yang sangat luas. Tidak terbatas kepada pemberian yang bersifat materi saja.
Banyak dari kita yang menganggap bahwa yang dinamakan sedekah itu apabila seseorang memberikan materi baik berupa uang atau benda kepada orang yang memerlukan. Kalau demikian pengertiannya maka sedekah itu mempunyai pengertian yang sangat sempit. Tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat yang luas yaitu saling membantu dan menolong supaya lahir rasa saling menyanyangi dan memiliki.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAWW bersabda :
على كل مسلم صدقة
“ Setiap muslim itu wajib bersedekah” (H.R. Imam Bukhari dan Muslim)
Hakikat sedekah yang dikehendaki hadits di atas adalah sedekah dalam pengertian yang luas yang tidak difardhukan kepada orang-orang kaya saja melainkan juga kepada orang –orang miskin. Sedekah yang tidak terbatas kepada uang dan harta kekayaan saja , tetapi juga berkaitan dengan anggota tubuh, misalnya perasaan saling menyayangi diantara anggota masyarakat.
Dalam kesempatan lain Rasulullah SAWW bersabda :
ليس من نفس ابن ادم الآ عليها صدقة, فى كل يوم طلعت فيه الشمس
“ Tidak ada satu jiwa anak Adam kecuali harus mengeluarkan sedekah setiap hari terbit matahari menyinarinya” (H.R. Ibnu Hibban)
Inti dari sedekah adalah kebaikan. Dan pintu-pintu kebaikan itu sangat banyak sekali. Rasulullah SAW dalam hadits Ibnu Hibban menjelaskan :
“ Sesungguhnya pintu-pintu kebaikan itu banyak sekali, tasbih, tahmid, tahlil, memerintahkan untuk berbuat baik dan mencegah berbuat munkar atau jelek, melemparkan duri dari jalan, memperdengarkan yang tuli, menunjuki yang buta, menunjukkan jalan kepada orang yang meminta petunjuk, berusaha menolong orang yang bersedih hati dan meminta pertolongan kepada kedua kakimu, membawakan beban orang yang lemah dengan kekuatan tanganmu, semuanya merupakan sedekah darimu untuk dirimu”
Berdasarkan hadits tadi, Rasulullah SAWW mengajak setiap muslim agar dapat berbuat sesuatu untuk orang lain sesuai dengan kemampuannya, baik dengan materiil maupun moril. Beliau menginginkan supaya setiap mukmin mempunyai jiwa yang aktif dan progresif dalam melakukan kebaikan-kebaikan. Tidak hanya pada sesuatu yang bernilai ekonomis belaka, tetapi juga rasa kasih sayang, rasa cinta dan persaudaraan diantara anggota masyarakat.
Dalam sebuah hadits Bukhari-Muslim, Rasulullah SAWW menegaskan, bahwa setiap tulang persendian manusia harus disedekahi setiap hari. Tulang persendian manusia –menurut dokter ahli- sebanyak 248 tulang, maka sepantasnya setiap muslim untuk menzakati tulang-tulang tersebut.
Akan tetapi, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa pintu-pintu untuk berbuat baik sangat banyak, bahkan lebih banyak dari tulang-tulang persendian manusia. Mendamaikan dua orang yang sedang bertikai, menghilangkan duri di jalan, menunjuki jalan orang yang tersesat, dan masih banyak lagi hal lain,yang semua itu adalah jalan sedekah yang dapat kita lalui sehingga kita mempunyai ketaatan yang sempurna di sisi Allah SWT.
Dalam sebuah hadts riwayat Imam Thabrani, Rasulullah SAWW bersabda :
من مشى فى حاجة أخيه كان خيرا له من اعتكاف عشر سنين
“ Siapa yang berjalan untuk membantu keperluan saudaranya, maka hal itu lebih baik baginya daripada i’tikaf selama sepuluh tahun”
Dari hadits di atas dapat disimpulkan, bahwa sesuatu pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi orang lain -dalam pandangan Islam- itu lebih utama dibandingkan dengan pekerjaan yang berwujud ibadah sunnah. Bahkan Rasulullah pernah mengatakan bahwa mendamaikan dua pihak yang bertikai itu lebih utama dibanding ibadah shalat sunnah , puasa sunnah serta sedekah sunnah.
Oleh karena itu, jika kita mengulurkan tangan untuk membantu dan menolong saudara kita, dengan cara melepaskan kesulitannya, menghilangkan kesedihannya, memenuhi keperluannya, membantu pekerjaannya, maka kita telah mempunyai andil dalam kebaikan. Dan kita telah melakukan sedekah yang insya Allah diterima di sisi Allah SWT.
Begitulah, Islam telah menyediakan jalan-jalan menuju kebaikan yang mudah dicapai. Islam pun telah menetapkan perbuatan-perbuatan baik itu bertingkat-tingkat sesuai dengan kemampuan manusia. Jika kita tidak mampu mendaimaikan saudara kita yang bertikai, tidak dapat menolong saudara kita yang lemah, tidak dapat membantu memenuhi kebutuhan saudara kita, maka Islam telah menyediakan jalan yang lebih mudah dari itu semua, yaitu perkataan yang baik dan mulia yang menjadi penyebab lahirnya rasa kasih saying dan cinta kasih diantara sesama manusia.
Hal itu sesuai dengan yang disabdakan Rasulullah SAWW dalam sebuah hadits :
اتقوا النار ولو بشق تمرة, فمن لم يجد فبكلمة طيبة
“ Jauhilah neraka meskipun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, dan jika tidak mendapatkan, maka bicaralah dengan kalimat yang baik”
Perkataan yang mulia itu lebih baik daripada sedekah tetapi menyakiti perasaan orang yang diberi. Perkataan yang mulia adalah kunci sukses dakwah Rasulullah SAWW. Oleh karena itu, perkataan yang baik dan mulia inilah yang harus terus kita kembangkan di masyarakat kita sebagai sedekah termudah yang bisa kita lakukan jika kita tidak mampu untuk bersedekah dengar harta atau tenaga. Dengan perkataan yang baik dan mulia insyaAllah kita dapat menciptakan sebuah masyarakat yang baik, yang peka solidaritas sosialnya, yang saling menghormati diantara sesama manusia.
Itulah hakikat sedekah dalam pandangan Islam. Semoga menjadi perenungan kita bersama.
Wallahu a’lam bishshowab

About Sava' Ahmad

Hanya Manusia biasa yang ingin berbagi kebaikan dan semoga hal itu bisa bermanfaat bagi kemashlahatan ummat.

Posted on 06/09/2012, in shodaqoh and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Qiraati Pati

Koordinator Pendidikan Al-Quran Metode Qiraati Cabang Pati

Tutorial Gratis (dot) Net

Computer and Internet Tutorial. How to make money online. How to make money as a freelancer. How to build a business using freelancers. How to effectively hire freelancers. How to outsource effectively. Freelancer tips, and tutorial.

sururudin's Weblog

Tiada hari tanpa Berita

Islam Aktual

Harapan setiap Manusia

Contoh Undangan Pernikahan Unik | 085220795095 |Undangan Pernikahan | Wedding Invitation

Contoh Undangan Pernikahan | Desain Undangan Pernikahan Unik | Multifungsi | 085220795095 BB 27fd6e4c

Ferizal "Sang Pelopor Sastra Novel Dokter Gigi Indonesia"

Ferizal "Sang Pelopor Sastra Novel Dokter Gigi Indonesia"

%d bloggers like this: